Konsultan Properti
Konsultan properti merupakan
salah satu profesi yang mulai menjamur saat ini. Pekerjaan ini terlihat mudah
karena bergerak di bidang jasa, sehingga anda tidak akan membutuhkan modal yang
besar untuk produksi. Mungkin anda membutuhkan kantor pribadi, tetapi banyak
juga konsultan properti yang membuka kantor mereka di rumah.
Selebihnya yang akan anda jual
adalah konsep dan otak segar lalu setelah itu mendapatkan bayaran yang cukup
tinggi. Selain itu konsultan properti juga hanya mengontrol dari luar dan
sesekali datang ke klien untuk melakukan presentasi, mentoring usaha
klien, setelah itu pulang dengan membawa uang. Siapa yang tidak mau pekerjaan
seperti itu? Berikut ini akan dibahas lebih dalam lagi mengenai pekerjaan jasa
yang satu ini.
Bagi anda yang ingin menekuni
jasa konsultan properti, mungkin setelah membaca sedikit penjelasan di atas,
anda langsung mengira bahwa ini adalah pekerjaan yang mudah. Padahal sebenarnya
tidak juga. Setiap pekerjaan tentu memiliki kesulitannya masing-masing. Sama
halnya dengan pekerjaan yang satu ini.
Konsultan properti tentu erat
kaitannya dengan dunia pemasaran. Anda harus memiliki pemikiran yang segar agar
bisa mendapatkan hasil yang terbaik. Selain itu, kebijakan yang akan diberikan
seorang konsultan tergantung dengan kemampuan yang ia miliki.
Pengalaman-pengalaman selama menekuni usaha properti, termasuk juga problem
solving atas persoalan properti menjadi tanggung jawab seorang konsultan.
Kalau dilihat dari segi
eksternal, maka seorang konsultan properti tidak terlalu menonjol. Sehingga
mungkin banyak orang yang belum mengerti cara kerja seorang konsultan. Anggapan
umum yang beredar di masyarakat bahwa konsultan merupakan media curhat, untuk
mendengarkan keluhan dari sang klien. Padahal seorang konsultan sudah seperti
seorang dokter bagi sebuah perusahaan.
Tentunya sebagai seorang dokter
tidak hanya mendengar keluhan tetapi juga memberikan pengobatan yang tepat bagi
pasiennya. Maka dari itu, seorang konsultan properti juga harus memiliki obat
berupa program kerja. Tidak hanya satu program kerja saja yang diandalkan.
Kalau bisa harus ada banyak.
Tujuan dari banyak program kerja
atau cara tersebut agar masalah perusahaan bisa diatasi. Sehingga target yang
diharapkan bisa terpenuhi. Bukan hanya melalui ucapan lisan, tetapi juga berupa
tindakan yang akan membuktikan bahwa otak para konsultan propertiini sudah
benar-benar fresh. Dalam merancang cara atau program kerja, seorang konsultan
harus kreatif dan rapi. Sehingga mudah dijalankan ketika ada klien yang
membutuhkan.
Selain agar lebih mudah, tentunya
juga supaya manfaat bisa didapatkan dengan segera. Ada beberapa hal yang bisa
dilakukan konsultan untuk menunjang kesuksesannya. Pertama adalah dengan
melakukan survei dan riset pasar, tentunya untuk mengetahui apa yang
diinginkan konsumen pasar. Sehingga bisa diambil keputusan yang sesuai.
Selanjutnya yang perlu dilakukan
seorang konsultan adalah dengan membuat rencana program tahunan marketing yang
komprehensif, dalam artian tidak asal-asalan dan bukan pengadaian belaka.
Seorang konsultan juga bertugas untuk menetapkan target penjualan. Target
penjualan yang ditentukan tentu harus tercapai.
Maka dari itu strategi marketing
yang dipilih juga harus tepat. Selanjutnya adalah dengan membuat anggaran
rasional, melakukan mentoring dalam pelaksaan program, melakukan pelatihan SDM
internal, dan mengadakan evaluasi program. Seorang konsultan hendaknya
memperhatikan hal-hal tersebut sehingga kesuksesan program untuk klien bisa
didapatkan. Sebagai seorang konsultan tentu anda harus mendengarkan keluhan
dari klien dengan sabar. Demikianlah sedikit penjelasan mengenai konsultan properti
dan tugas-tugas yang harus dilakukan.
Komentar
Posting Komentar