Konsultan Properti




Konsultan properti merupakan salah satu profesi yang mulai menjamur saat ini. Pekerjaan ini terlihat mudah karena bergerak di bidang jasa, sehingga anda tidak akan membutuhkan modal yang besar untuk produksi. Mungkin anda membutuhkan kantor pribadi, tetapi banyak juga konsultan properti yang membuka kantor mereka di rumah.

Selebihnya yang akan anda jual adalah konsep dan otak segar lalu setelah itu mendapatkan bayaran yang cukup tinggi. Selain itu konsultan properti juga hanya mengontrol dari luar dan sesekali datang ke klien untuk melakukan presentasi, mentoring usaha klien, setelah itu pulang dengan membawa uang. Siapa yang tidak mau pekerjaan seperti itu? Berikut ini akan dibahas lebih dalam lagi mengenai pekerjaan jasa yang satu ini.

Bagi anda yang ingin menekuni jasa konsultan properti, mungkin setelah membaca sedikit penjelasan di atas, anda langsung mengira bahwa ini adalah pekerjaan yang mudah. Padahal sebenarnya tidak juga. Setiap pekerjaan tentu memiliki kesulitannya masing-masing. Sama halnya dengan pekerjaan yang satu ini.

Konsultan properti tentu erat kaitannya dengan dunia pemasaran. Anda harus memiliki pemikiran yang segar agar bisa mendapatkan hasil yang terbaik. Selain itu, kebijakan yang akan diberikan seorang konsultan tergantung dengan kemampuan yang ia miliki. Pengalaman-pengalaman selama menekuni usaha properti, termasuk juga problem solving atas persoalan properti menjadi tanggung jawab seorang konsultan.

Kalau dilihat dari segi eksternal, maka seorang konsultan properti tidak terlalu menonjol. Sehingga mungkin banyak orang yang belum mengerti cara kerja seorang konsultan. Anggapan umum yang beredar di masyarakat bahwa konsultan merupakan media curhat, untuk mendengarkan keluhan dari sang klien. Padahal seorang konsultan sudah seperti seorang dokter bagi sebuah perusahaan.
Tentunya sebagai seorang dokter tidak hanya mendengar keluhan tetapi juga memberikan pengobatan yang tepat bagi pasiennya. Maka dari itu, seorang konsultan properti juga harus memiliki obat berupa program kerja. Tidak hanya satu program kerja saja yang diandalkan. Kalau bisa harus ada banyak.

Tujuan dari banyak program kerja atau cara tersebut agar masalah perusahaan bisa diatasi. Sehingga target yang diharapkan bisa terpenuhi. Bukan hanya melalui ucapan lisan, tetapi juga berupa tindakan yang akan membuktikan bahwa otak para konsultan propertiini sudah benar-benar fresh. Dalam merancang cara atau program kerja, seorang konsultan harus kreatif dan rapi. Sehingga mudah dijalankan ketika ada klien yang membutuhkan.

Selain agar lebih mudah, tentunya juga supaya manfaat bisa didapatkan dengan segera. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan konsultan untuk menunjang kesuksesannya. Pertama adalah dengan melakukan survei dan riset pasar, tentunya untuk mengetahui apa yang diinginkan konsumen pasar. Sehingga bisa diambil keputusan yang sesuai.

Selanjutnya yang perlu dilakukan seorang konsultan adalah dengan membuat rencana program tahunan marketing yang komprehensif, dalam artian tidak asal-asalan dan bukan pengadaian belaka. Seorang konsultan juga bertugas untuk menetapkan target penjualan. Target penjualan yang ditentukan tentu harus tercapai.


Maka dari itu strategi marketing yang dipilih juga harus tepat. Selanjutnya adalah dengan membuat anggaran rasional, melakukan mentoring dalam pelaksaan program, melakukan pelatihan SDM internal, dan mengadakan evaluasi program. Seorang konsultan hendaknya memperhatikan hal-hal tersebut sehingga kesuksesan program untuk klien bisa didapatkan. Sebagai seorang konsultan tentu anda harus mendengarkan keluhan dari klien dengan sabar. Demikianlah sedikit penjelasan mengenai konsultan properti dan tugas-tugas yang harus dilakukan.

Komentar

Postingan Populer