Jasa Studi Kelayakan Makassar


Keindahan alam dan berbagai kearifan lokal Makasar berhasil memanjakan para turis dengan pesonanya. Dari sekian banyak keindahan alam yang tersaji, kota tersebut memiliki aura tersendiri untuk menarik para pelancong

Ibu kota provinsi Sulawesi Selatan ini menakjubkan dengan pantai dan lautnya. Para pelancong rela datang jauh untuk menikmati pantai berpasir putih. Air jernih dengan warna biru menampilkan pesona laut yang tiada dua. Faktor itu menjadi alasan  maraknya usaha penginapan di sana. Wisata laut hadir dalam berbentuk yang sangat bervariatif dan banyak lagi peluang yang bisa dimanfaatkan.

Studi kelayakan hadir untuk membantu menentukan apakah ide ataupun gagasan yang dimiliki akan layak dijalankan di Makasar atau tidak. Mengapa kemudian hal tersebut menjadi krusial? Tepat, karena apa yang akan dijalankan berhubungan dengan proyek yang nantinya akan melibatkan banyak pihak dan membutuhkan modal tidak sedikit.

Aspek pasar
Aspek pasar menjadi poin pertama yang harus ditemukan oleh para pemegang bisnis. Hal tersebut untuk mengetahui seluas apa market yang menjadi area pendistribusian. Seberapa besar permintaan pasar. Disisi lain, produk sendiri harus aman dari segala barang yang tidak diperbolehkan oleh negara dan agama. Misalnya saja, produk makanan harus mendapat sertifikasi halal. Catatan yang paling penting ialah index dari permintaan produk harus menunjukan kenaikan. Jika tidak, lebih baik studi kelayakan dihentikan.

Aspek internal perusahaan
Pembahasan aspek kedua ini tentu jauh lebih banyak detailnya. Mulai dari riset pemasaran yang membutuhkan banyak tenaga untuk menjalankan. Selanjutnya, aspek teknis yang berhubungan dengan pengoperasian dari proses produksi. Kesepakatan mengenai teknologi apa yang digunakan. Sumber daya manusia juga perlu dipersiapkan dengan matang agar organisasi yang sudah direncanakan sesuai dengan gambaran dari awal.

Aspek legalitas
Bisnis yang bergerak dalam bidang jasa atau barang harus memiliki surat izin sah menurut negara. Hal ini sangat dibutuhkan untuk menunjang pergerakan dari usaha itu sendiri. Disini yang menjadi nilai penentuan kelayakan adalah komunitas produk tidak melanggar negara atau agama. Proses operasional yang mendapat perizinan dan badan hukum yang sesuai.

Aspek dampak lingkungan
Lingkungan hidup menjadi hal yang tidak boleh disepelehkan dalam menjalankan sebuah bisnis. Analisis mengenai dampak lingkungan harus tersedia dan dipastikan bahwa usaha yang akan dijalankan tidak merusaknya. Meliputi dampak terhadap air, tanah, kesehatan manusia, dan udara.

Alam memiliki sistem yang saling berkaitan. Proses studi kelayakan boleh dihentikan jika limbah pabrik mencemari udara. Solusinya, pebisnis harus berpikir keras untuk membuat dampak negatif tersebut menjadi ramah lingkungan.


Studi kelayakan sangat penting. Namun, yang tidak kalah utama dalam sebuah bisnis adalah mental untuk berkomitmen menikmati setiap prosesnya. Pebisnis yang hebat pernah melalui banyak rintangan. Jadi, poinnya bukan seberapa banyak tantangan tersebut, melainkan seberapa besar Anda berkomitmen untuk menyelesaikannya sampai akhir.

Komentar

Postingan Populer