Jasa Konsultan Manajemen
Konsultan Manajamen terdiri atas dua kata yakni konsultasi dan
manajamen dimana keduanya memiliki arti yang cukup luas.
Kata
konsultasi berasal dari kata consultant yang artinya penasihat. Oleh sebab itu,
kata konsultasi di sini akan mengarah kepada seorang tenaga profesional yang menyediakan jasa consultancy
service. Ada beberapa bidang keahlian yang biasa mereka tangani,
seperti akuntansi, pajak, hukum, koperasi dan sebagainya. Sedangkan kata
manajemen merupakan suatu proses yang digunakan untuk mengatur
sesuatu yang dilakukan oleh sekelompok orang atau organisasi untuk mencapai
suatu tujuan.
Dari
pemaparan tersebut, bisa ditarik kesimpulan bahwasannya konsultan manajemen
memiliki arti sebagai suatu tenaga
profesional baik dari satu lembaga berbentuk perusahaan atau individu yang
memberi konsultasi atau nasihat kepada perusahaan-perusahaan mengenai cara
terbaik untuk mengelola dan mengoperasikan bisnis.
Awalnya
konsultan manajemen tidak begitu dilirik oleh para penggiat bisnis, akan
tetapi di tahun 2010 dunia mengalami krisis ekonomi
global yang menyebabkan banyak perusahaan terpuruk dan akhirnya pailit. Nah,
dalam kasus inilah dibutukan jasa konsultan manajemen profesional
dan independen untuk membantu perusahaan dalam merancang kembali strategi untuk
bangun lagi dari krisis dan dapat mengembangkan kembali bisnisnya.
Apa Peran Konsultan Manajemen Pada Perusahaan?
Berbicara mengenai peran konsultan manajemen, maka kita harus
mengulik lebih dahulu mengenai manajemen dimana semua proses perusahaan
berporos pada keberhasilan manajemennya itu sendiri. Secara umum, ada banyak
pembagian dari manajemen seperti manajemen keuangan, manajemen personalia,
manajemen administrasi, manajemen pemasaran, manajemen resiko, dan manajemen
sumber daya manusia.
Kesemua lingkup manajemen tersebut menjadi satu kesatuan dalam
peran konsultan manajemen pada perusahaan. Di bawah ini akan dijelaskan
mengenai hal tersebut.
Planning
Konsultan manajemen akan membantu perusahaan dengan menyusun
rencana terlebih dahulu berdasarkan beberapa komplain yang diajukan oleh pihak
perusahaan.
Dalam
proses planning,
maka konsultan manajemen akan terlebih dahulu dalam menetapkan tujuan kemana dan target bisnis, menyusun strategi
untuk mencapai tujuan dan target, memilih sumber daya yang dibutuhkan, serta
menetapkan standard kesuksesan pencapaian tujuan dan target bisnis.
Organizing
Konsultan
manajemen akan membantu dalam mengatur sumber daya manusia
yang dimiliki perusahaan agar dapat menempatkan karyawan sesuai dengan potensi
yang dimiliki masing-masing karyawan tersebut.
Dalam
proses organizing, maka konsultan manajemen akan mengalokasi
sumber daya, menyusun dan memilih tugas dan penetapan prosedur yang dibutuhkan,
memilih struktur perusahaan dan menetapkan wewenang dan tanggung jawab,
kegiatan merekrut, menyeleksi, pelatihan dan pengembangan tenaga kerja, serta
merekomendasikan penempatan tenaga kerja sesuai dengan posisi yang tepat.
Directing
Konsultan
manajemen akan membantu mengembangkan efektivitas dan
efisiensi kinerja secara optimal dengan memberi tugas dan pengarahan
secara rutin mengenai tugas masing-masing karyawan, serta menjelaskan kebijakan
perusahaan.
Controlling
Konsultanmanajemen akan membantu perusahaan dalam mengevaluasi
keberhasilan proses pencapaian tujuan dan target sesuai indikator yang telah
ditetapkan sebelumnya. Lalu, setelah melewati tahap klarifikasi dan koreksi
terjadinya kesalahan yang ditemukan, maka konsultan manajemen akan memberi
solusi atas masalah yang muncul dalam pencapaian tujuan yang ditetapkan.
Meski demikian, keputusan dari konsultan manajemen hanya menjadi
opsi kedua setelah keputusan yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Sehingga,
keputusan dari lembaga konsultan tidak sepenuhnya diterapkan jika memang dari
pihak perusahaan sebagai klien merasa agak sulit menerima hasil dari konsultasi
yang telah dilalui.
Namun, alangkah disayangkan jika perusahaan terpaksa menolak
hasil dari keputusan yang diberikan oleh lembaga konsultan manajemen tersebut
hanya karena belum terbiasa dengan suasana kerja yang baru atau karena adanya
desakan dari berbagai pihak karena telah merasa nyaman dengan gaya kerja yang
lama.
Pertimbangkanlah budget yang telah dikeluarkan untuk menggunakan
jasa konsultan manajemen yang tak bisa dibilang kecil nominalnya. Inovasi dan
perubahan sedikit, bisa menimbulkan sesuatu yang besar. Kenapa tidak, bukan?
Komentar
Posting Komentar