Langsung ke konten utama

5 Strategi Promosi Terkini dengan Budget Terbatas






Kegiatan marketing dalam dunia bisnis biasanya akan mengeluarkan biaya yang cukup besar. Hal ini tentu menjadi salah satu beban bagi perusahaan, terutama bagi perusahaan kecil dan menengah. Namun, kegiatan ini juga tidak bisa diabaikan, karena dengan adanya kegiatan marketing, perusahaan dapat memberikan awareness ataupun informasi mengenai bisnis yang sedang dijalani dan dipasarkan. Pada artikel kali ini, Jurnal akan memberikan 4 strategi promosi terkini dengan budget (anggaran) terbatas yang bisa mendukung kegiatan marketing bisnis Anda.

Membuat Website atau Toko Online

Membuat website adalah sebuah keharusan di era digital seperti sekarang. Memiliki website ibarat memiliki sebuah toko atau tempat bisnis tanpa harus mengeluarkan banyak biaya untuk menyewa dan memikirkan lokasi yang strategis.
Anda bisa memanfaatkan blog gratis dan menggunakan fasilitas cuma-cuma yang disediakan pada situs Internet sebagai cara promosi produk jasa, atau membeli domain dengan harga yang relatif murah untuk memiliki akses yang lebih besar dari pihak yang menyediakan jasa tersebut dan mulai mengelolanya.

Menggunakan Social Media

Dengan berkembangnya teknologi komunikasi secara global, social media merupakan salah satu alat komunikasi dan strategi promosi produk yang perlu dimiliki para pengusaha. Hal ini diperlukan untuk menjembatani antara pelaku bisnis dan pembeli agar terjalin komunikasi dengan mudah, cepat, dan efisien. Survei dari sebuah lembaga bernama Manta menyebutkan bahwa, banyak bisnis berskala kecil dan menengah mendapatkan pengembalian dari investasi yang ditanamkan (ROI) pada sosial media sebesar 39% pada tahun 2013. Dan tren yang terlihat adalah ROI semakin meningkat, dan penggunaan sosial media sebagai strategi promosi pemasaran oleh pelaku bisnis juga semakin meningkat.

Membuat Vlog

Visual speaks louder atau gambar berbicara lebih keras adalah sebuah moto kekinian yang tumbuh seiring dengan maraknya kebiasaan orang-orang saat ini mengunggah kegiatan mereka baik melalui gambar maupun video di beberapa social media. Hal ini menginspirasi strategi promosi sebuah produk menggunakan teknik gambar maupun video berupa vlog. Membuat iklan produk dalam tampilan visual menjadi model baru dalam strategi promosi bisnis. Video dapat menampilkan produk yang sedang ditawarkan kepada konsumen ataupun berupa tutorial yang secara tidak langsung tetap terkait dengan penawaran produk. Dengan video, produk dapat ditampilkan secara lebih detail dari berbagai sisi. Selain itu, fitur suara dapat menambah informasi yang lebih lengkap mengenai spesifikasi dari produk tersebut.

Membuat Iklan Gratis

Di saat beberapa bisnis merasa bahwa kegiatan marketing atau melakukan promosi banyak menghabiskan biaya, Internet bisa memberi solusinya. Internet adalah ruang luas tanpa batas, di mana Anda bisa menemukan banyak hal didalamnya termasuk beriklan secara gratis. Dalam situs iklan gratis, biasanya para anggota bisa memilih komunitas maupun produk yang akan ditawarkanmendaftar, dan menulis penawaran barang atau jasa tanpa harus mengeluarkan uang sedikitpun.

Memanfaatkan Iklan Mobil

Saat ini semua media dapat dimanfaatkan untuk melakukan kegiatan promosi atau marketing. Salah satu media yang saat ini banyak digunakan adalah Iklan Mobil atau Car Advertising. Dengan memanfaatkan media ini, Anda dapat memasarkan produk yang Anda jual secara lebih luas. Iklan mobil ini sangat cocok digunakan ketika target audience Anda adalah masyarakat Jakarta. Anda bisa menggunakan iklan mobil ini untuk berkeliling Jakarta memasarkan produk yang Anda jual. Dan yang perlu Anda ketahui, jalanan ibu kota yang cukup padat dan ramai bisa menjadi salah satu alasan Anda menggunakan media ini. Salah satu iklan mobil yang dapat Anda pilih adalah. Startup car advertising yang meluncurkan layanannya sejak Tahun 2016. Ubiklan sendiri memiliki berbagai pilihan pemasangan iklan mobil, mulai dari bodi mobil bagian belakang (partial), pintu kanan-kiri (side), kap mobil depan (front), dan kaca mobil belakang (back).
Itulah strategi promosi yang dapat Anda gunakan. Dan seperti yang Anda ketahui, marketing membawa dampak yang sangat besar untuk  sebuah produk agar bisa dikenal secara luas oleh masyarakat. Dengan menggunakan strategi promosi yang tepat, produk Anda akan terlihat secara luas sehingga secara tidak langsung dapat meningkatkan angka penjualan.
Grapadi Konsultan solusi memecahkan masalah bisnis anda sampai ke akar-akarnya, anda dapat menghubungi kami melalui Via Telepon 081383437640

Komentar

Postingan Populer