Langsung ke konten utama

4 Kiat-kiat Untuk Menaikan Daya Saing Bisnis Anda












4 Kiat-kiat Untuk Menaikan Daya Saing Bisnis Anda
Tentunya bagi seorang pemilik bisnis kecil, bersaing bisnis lain yang lebih besar dan sudah menguasai pasar merupakan hal yang menakutkan. Namun perlu diingat bahwa ada banyak bisnis kecil yang memiliki branding yang kuat dan dapat sukses bersaing dengan pesaing mereka yang lebih besar dengan cara spesifikasi bisnis dan adaptasi.
Mungkin bisnis Anda bukan korporasi yang memiliki banyak budget untuk marketing, namun berikut ini adalah 4 kiat-kiat untuk menaikkan daya saing bisnis Anda yang dapat Anda implementasikan:
  1. Cepat Bergerak
Kelebihan dari perusahaan kecil dibandingkan perusahaan besar adalah, perusahaan kecil dapat sering mempertajam dan memperbaiki model bisnis untuk menangkap pasar yang berubah dengan cepat. Sebagai contohnya, butik pakaian lokal dapat dengan cepat memproduksi pakaian sesuai dengan tren yang ada atau menarik produk berdasarkan permintaan yang menurun.
Perusahaan memiliki kelebihan di ukuran dan skala usaha, namun tidak dapat merespon perubahan market secepat perusahaan kecil. Henry Eikus, COO dari Unlimited Ltd. Clothing, berkomentar bahwa bisnis kecil yang dapat dengan cepat menyesuaikan perubahan permintaan dapat lebih berhasil dalam pelayanan pelanggan, identifikasi tren, hasil produl, dan pengontrolan kualitas dibandingkan perusahaan besar.
Oleh karena itu, setelah Anda menemukan pasar Anda, maksimalkan kesempatan penjualan terutama di bagian-bagian di mana bisnis Anda dapat dengan cepat menyesuaikan.
2.  Inovasi
Menurut profesor dari University of Chichago, James Schranger, sebuah perusahaan baru harus dapat melakukan sesuai yang lebih baik, dengan lebih murah, dan berbeda sehingga tidak dapat langsung dihadapkan dengan perusahan besar. Menurut Schranger, kunci dari menghadapi perusahaan besar adalah dengan menciptakan produk atau jasa yang berbeda dan unik.
Bisnis kecil memiliki kecepatan yang lebih tinggi, dan dengan itu Anda dapat melakukan inovasi dengan lebih cepat dibandingkan dengan perusahaan besar. Beri tim Anda semangat dan motivasi untuk terus melakukan eksperimen dan kolaborasi di ide baru, dan beri teladan bagi mereka untuk menciptakan budaya inovasi di bisnis kecil Anda.
3.  Tonjolkan website bisnis Anda dengan menggunakan strategi SEO
Website bisnis Anda merupakan kesempatan bagi calon pelanggan untuk mencari tahu mengenai perusahaan dan produk Anda. Dengan menggunakan strategi Search Engine Optimization (SEO) yang baik, calon pelanggan maupun pelanggan Anda dapat dengan mudah menemukan Anda.
Dulu Anda cukup memasukkan banyak kata kunci di halaman website Anda untuk menaikkan kemungkinan website Anda muncul di mesin pencari web dan klik yang Anda terima. Namun strategi SEO sekarang sudah berubah, Anda harus menciptakan konten berkualitas baik yang dapat dengan mudah dimengerti oleh pembaca dan membuat mereka membagi alamat website Anda. Untuk hasil terbaik, targetkan pasar yang spesifik dan lokal dengan cara gunakan kata kunci yang panjang dan spesifik.
4.  Hargai dan dengarkan pelanggan Anda
Kiat ini mungkin sudah sering Anda dengar, cara paling efektif menarik pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan adalah dengan menjalin dan menjaga hubungan baik dengan pelanggan. Hal ini semakin relevan dengan perkembangan internet dan penggunaan media sosial yang efektif sebagai fasilitas interaksi antara bisnis dengan pelanggan.
Anda bahkan dapat menggunakan crowdsource, penggunaan media internet untuk mengumpulkan masukan dari banyak orang, dan mengajak pelanggan Anda untuk ikut terlibat dalam proses pengembangan produk Anda. Profesor dari Sekolah Bisnis Harvard, Carliss Baldwin, berkata bahwa para pemilik bisnis harus menerima bahwa pelanggan mereka secara keseluruhan pastinya lebih mengerti mengenai produk yang dibuat oleh perusahaan mereka, dan utilisasi teknologi memungkinkan bagi para pemilik bisnis untuk melibatkan pelanggan mereka dengan lebih cepat dan mudah.
Oleh karena itu, kenalilah pelanggan Anda, cari tahu apa yang mereka butuhkan, apa yang mereka tidak sukai, dan apa ekspektasi mereka terhadap perusahaan Anda. Selain itu, Anda dapat menambah daya saing usaha Anda dengan menawarkan produk dan jasa yang spesifik dan berbeda dari yang ditawarkan oleh perusahaan besar, jalin hubungan baik dengan pelanggan melalui survey dan kuestionaire. Kumpulkan masukan pelanggan Anda dan modifikasi produk Anda untuk memenuhi selera pelanggan Anda. Dengan melakukan hal-hal di atas, Anda akan memiliki pelanggan yang setia.
Grapadi Konsultan solusi memecahkan masalah bisnis anda sampai ke akar-akarnya, anda dapat menghubungi kami melalui Via Telepon 081383437640

Komentar

Postingan Populer