Langsung ke konten utama

4 Cara Bagaimana Meningkatkan Pejualan Dalam Sebuah Bisnis











4 Cara Bagaimana Meningkatkan Pejualan Dalam Sebuah Bisnis

Meningkatkan penjualan dan mendapatkan keuntungan merupakan inti dalam sebuah perusahaan bisnis. Kedua hal tersebut menentukan hidup atau tidaknya sebuah perusahaan, yang dapat dilihat dari lancar atau tidaknya perusahaan dalam merekrut karyawan, membeli perlengkapan perusahaan, memproduksi produk, atau memberikan peningkatan dalam jasa pelayanan. Di tengah pertumbuhan ekonomi Indonesia yang terus meningkat setiap tahunnya, ada baiknya Anda segera menyiapkan beberapa strategi bisnis untuk meningkatkan penjualan dan menjaga kestabilan perusahaan Anda.

Memperlebar Target Bisnis

Hal paling mudah yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan penjualan dan mendapat keuntungan yang signifikan dari bisnis Anda adalah dengan memperlebar target bisnis. Jangan takut dengan penambahan biaya ketika akan memperlebar bisnis di area baru. Oleh karena itu, Anda harus melakukan riset terlebih dahulu, mulai dari target pasar, harga sampai bagaimana persaingan di daerah tersebut. Jika Anda melakukan riset dengan tepat, kemungkinan Anda mendapatkan peningkatan keuntungan akan semakin tinggi.

Meninjau kembali harga produk atau jasa

Untuk kestabilan bisnis Anda ke depannya, penting bagi Anda untuk meninjau kembali harga produk atau jasa yang Anda jual. Usahakan Anda terus melakukan riset atau surveypenjualan, misalnya bagaimana tanggapan masyarakat tentang produk Anda, apakah harga yang Anda tawarkan terlalu mahal atau murah, dan bagaimana harga produk di pasaran. Jika harga produk Anda terasa terlalu murah, Anda dapat menaikkan harga serta melakukan edukasi mengenai manfaat yang akan didapatkan, seperti peningkatan layanan pelanggan, jaminan yang lebih baik, peningkatan kualitas bahan yang digunakan, serta regulasi yang lebih adil.

Membuat program promosi

Jika Anda menginginkan pelanggan Anda terus membeli secara rutin, Anda dapat mencoba untuk memberikan mereka insentif pembelian, peningkatan layanan, atau bahkan diskon. Sebagai contoh adalah pemberian kopi gratis untuk pembelian ke-10 di kedai kopi atau pelayanan gratis tukang cukur setelah menggunakan jasa mereka beberapa kali.

Menjaga kesetiaan pelanggan

Ada beberapa cara untuk menjaga kesetiaan pelanggan. Jika Anda bergerak pada bisnis retail, usahakan untuk mendapatkan alamat e-mail atau informasi kontak lainnya guna memberikan informasi mengenai paket menarik atau potongan harga pada produk-produk tertentu. Sedangkan jika ada bergerak pada sistem business-to-business, pastikan Anda menyimpan data kontak rekan bisnis Anda yang akurat agar Anda mudah melakukan follow up lanjutan. Terkadang, para pelanggan tetap Anda tersebut akan memberikan masukan yang berharga untuk perkembangan bisnis Anda.
Menjaga hubungan baik dengan para pelanggan tetap merupakan hal dasar yang penting dilakukan. Hal ini diperkuat dengan penelitian yang menunjukkan bahwa pelanggan tetap cenderung lebih tertarik dan lebih cepat mengambil keputusan untuk membeli produk Anda ketimbang para pelanggan-pelanggan yang baru.
Semakin ketatnya persaingan pasar, Anda memang harus pandai membuat strategi bisnis yang tepat dan juga inovatif. Keempat cara di atas bisa mulai Anda terapkan dan lakukan peninjauan kembali apakah strategi bisnis yang telah Anda lakukan ini berhasil atau tidak. Semoga beruntung.
Grapadi Konsultan solusi memecahkan masalah bisnis anda sampai ke akar-akarnya, anda dapat menghubungi kami melalui Via Telepon 081383437640

Komentar

Postingan Populer