3 Jenis Metode Riset Pemasaran untuk Membuat Produk Laku Dipasaran
Untuk memasarkan sebuah produk, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari tahu target pasar dari produk. Anda dapat mengetahui suatu produk diterima atau tidak di pasar dengan melakukan riset pemasaran. Riset pemasaran merupakan salah satu cara untuk mengetahui apa yang diinginkan oleh konsumen dan calon konsumen.
Secara definisi, riset pemasaran atau dalam bahasa asing disebut research marketing merupakan suatu kegiatan penelitian sistematis yang dimulai dari perumusan masalah, tujuan penelitian, pengumpulan data, dan informasi, pengolahan data dan kemudian interpretasi hasil penelitian. Riset pemasaran ini biasanya dilakukan oleh divisi/bagian marketing.
Tujuan riset pemasaran yakni untuk mengetahui dan menganalisa hal-hal yang dibutuhkan atau diinginkan oleh masyarakat, pasar ataupun pesaing. Karenanya, setelah melakukan riset pemasaran Anda dapat mengetahui produk/jasa apa yang dibutuhkan, kualitas produk dan Anda juga dapat membuat proyeksi dan potensi permintaan akan produk/jasa dari bisnis Anda.
Terdapat beberapa macam metode riset pemasaran yang dapat dilakukan. Namun, kali ini hanya akan dibahas 3 macam metode riset pemasaran yang populer dan dapat membantu Anda mengurangi resiko produk Anda tidak laku dipasaran.
Kuesioner
Kuesioner merupakan metode riset pemasaran dengan cara memberikan daftar pertanyaan tentang data yang kita inginkan dan perlukan untuk jenis bisinis yang dipilih. Sebelum melakukan riset, Anda perlu menyiapkan calon responden. Cobalah untuk memilih pelanggan atau calon pelanggan potensial sebagai responden yang membantu Anda menjawab pertanyaan kuesioner. Pastikan responden yang Anda pilih mau bekerja sama untuk mengisi kuisioner dengan benar dan jujur. Jika perlu Anda dapat memberikan hadiah, insentif, atau kenang-kenangan sebagai imbalan dan ucapan terimakasih.
Focus Group Discussion atau FGD
Metode riset pemasaran yang kedua ini adalah dengan membuat grup diskusi. Anda dapat membuat sebuah grup atau kelompok yang terdiri dari 15 orang atau lebih. Grup tersebut berisi 1 moderator, 3 orang peneliti, dan peserta responden. Moderator bertugas untuk mengarahkan jalannya diskusi, peneliti bertugas merekam dan mencatat pengamatan mereka atas respon, reaksi, dan komentar pelanggan.
Survei
Metode riset pemasaran yang ketiga adalah survei. Metode ini dilakukan dengan cara mengajukan pertanyaan sederhana tentang produk/jasa yang akan Anda riset. Pemilihan responden biasanya dilakukan secara acak dan berdasarkan kesukarelaan. Survei ini berbeda dengan kuesioner, survei cenderung lebih singkat dari kuesioner. Sekarang, survei sangat mudah dilakukan secara online. Survei secara online mendapatkan respon yang lebih cepat. Jadi jika Anda menggunakan metode ini dalam riset pemasaran maka Anda akan mendapatkan hal yang positif. Anda dapat melakukan survei dengan menggunakan web perusahaan, masukkan beberapa pertanyaan untuk memperoleh komentar dan saran dari pengunjung situs web Anda.
Riset pemasaran sangat disarankan untuk Anda yang ingin atau baru membuka dan menjalankan bisnis. Selain itu, jika Anda akan mengeluarkan produk baru juga sangat penting untuk melakukan riset pasar terlebih dahulu. Beberapa biaya mungkin akan Anda keluarkan pada saat riset, tetapi jika berhasil maka keuntungan akan lebih banyak didapat nantinya.
Grapadi Konsultan solusi memecahkan masalah bisnis anda sampai ke akar-akarnya, anda dapat menghubungi kami melalui Via Telepon 081383437640
Grapadi Konsultan solusi memecahkan masalah bisnis anda sampai ke akar-akarnya, anda dapat menghubungi kami melalui Via Telepon 081383437640
- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya

Komentar
Posting Komentar